Internet Marketing Pemula - Bukan Cara Instan Menghasilkan Uang

Internet Marketing Pemula adalah salah satu fase yang pasti dilalui oleh orang yang belajar marketing pemasaran secara online. Slamet Purwanto juga seorang pemula dalam internet marketing dan terus belajar untuk mengembangkan kemampuan diri sehingga dapat menerapkan teknik marketing penjualan produk digital dan produk fisik. Ada banyak contoh strategi marketing yang dapat diterapkan oleh seorang internet marketer. Umumnya adalah secara white hat, black hat dan grey hat. Apa saja perbedaannya, kita lanjut dalam tulisan lain di website ini.

Apa itu Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing adalah bertemunya permintaan dan penawaran melalui internet atau pemasaran "sesuatu" melalui internet oleh pihak tertentu. Sesuatu ini bisa berwujud fisik maupun non fisik.  Contoh sederhana penjualan barang berwujud fisik adalah penjualan kaos melalui toko online atau marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Jika anda membeli produk non fisik produk tersebut umumnya berbentuk layanan tertentu seperti pulsa listrik dan pulsa hape. Jika anda mengikuti course online dan  mendownload materi yang diberikan, maka hal tersebut dikategorikan pemasaran internet untuk produk non fisik. Pihak tertentu adalah pihak yang memasarkan sesuatu melalui internet. Pihak tersebut bisa saja pemilik usaha perseorangan, perusahaan yang membuat marketplace ataupun pihak ketiga. Contoh pihak ketiga adalah jika anda membeli layanan backlink untuk branding ataupun mempromosikan bisnis anda melalui internet.

Bagaimana Cara Kerja Internet Marketing

Menurut saya, inti dari kegiatan internet marketing adalah traffic yang selanjutnya akan dikonversi menjadi sesuatu yang bernilai. Bentuk konversinya beragam seperti penjualan produk, jumlah klik pada iklan, terkumpulnya data pelanggan (email, nomor handphone, alamat, dll), leads dan lain lain


Jenis Internet Marketing

Secara umum hanya ada dua jenis, yaitu berbayar dan tidak berbayar

Mitos Internet Marketing adalah Cara Cepat Kaya

Ada stigma atau anggapan yang beredar di masyarakat Indonesia bahwa internet marketing bagi pemula adalah cara cepat untuk menghasilkan uang dan menjadi kaya. Apalagi, di sosial media seperti facebook dan group-group internet marketing banyak bereda screenshot yang menunjukkan keberhasilan orang mendapatkan duit dari internet. Anda mungkin percaya dengan stigma tersebut. Iya kan?

Mitos tersebut tidak sama sekali salah. Namun probabilitasnya sangatlah kecil, hampir dikatakan tidak mungkin terjadi. Memang, banyak peluang usaha yang dapat dilakukan di internet untuk mendapatkan komisi atau pendapatan secara online. Namun jika anda menjalaninya dengan strategi marketing yang baik, proses yang terjadi untuk mendapatkan penghasilan online tidaklah cepat atau instan? Jadi anggapan bahwa internet marketing adalah cara cepat kaya, tidak sepenuhnya benar.


Ada gurauan umum terkait hal instan yaitu hanya ada dua hal instan di dunia ini yaitu kopi instan dan mie instan. Hehehe. Mas, Welly Mulia dalam situsnya menyebutkan beberapa penyebab kegagalan internet marketing pemula. Pola pikir instant dan cepat menghasilkan adalah salah satu penyebab kegagalan dalam internet marketing bagi pemula. Cara mengatasi hal tersebut menurut saya adalah kita harus berpikir lebih logis. Segala sesuatu selalu membutuhkan proses. Sesuatu yang dimulai dengan cepat “instant” umumnya akan berakhir dengan cepat.  Untuk itu kita harus merubah pola pikir bahwa internet marketing bukanlah cara bisnis cepat kaya. Namun demikian internet marketing akan lebih cepat menghasilkan bila dibandingkan dengan bisnis offline secara umum.

Penyebab Kegagalan Internet Marketing Pemula

Penyebab kegagalan internet marketing pemula yang kedua adalah mudah menyerah. Karakter mudah menyerah berkaitan erat dengan karakter cara pikir instant. Kebanyakan dari pemula yang berpikit instan akan berharap “tinggi” untuk cepat mendapatkan hasil. Namun ketika hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan biasanya langsung patah semangat sehingga meninggalkan dunia internet marketing. Kejadian ini adalah proses yang umum terjadi, tak terkecuali saya. Lalu kenapa hal itu terjadi? Menurut saya, pola pikir instant akan membuat seseorang bekerja tergesa-gesa atau terburu-buru. Hal tersebut membuat orang tersebut tidak teliti dalam hal detail. Padahal dunia internet marketing pemula umumnya berfokus pada hal detail dan dan dikerjakan secara konsisten.

Internet marketing bagi pemula adalah sesuatu yang baru. Pemula internet marketing pada umumnya mengumpulkan banyak informasi tentang internet marketing mulai dari riset kata kunci (keyword research), pemilihan nama domain, hosting, membuat konten, mengoptimalkan website dari sisi on page dan off page dan lebih banyak lagi. Ketika semua informasi tersebut dipelajari, pemula internet marketing pada umumnya mengalami kelebihan (overload) informasi. Hal ini akan berakibat fatal, pemula internet marketing akan menjadi bingung harus mulai dari mana dan bagaimana cara mengerjakannya. Lalu gimana gan? pusing….

Tips bagi pemula internet marketing:

1. Ubah pola pikir. Internet marketing bukan cara cepat kaya
2. Jangan menyerah saat menghadapi kegagalan
3. Pelajari hal detail dan segera praktekkan. Fokus dan Praktek adalah intinya
4. Ketika sudah menghasilkan, gunakan hasil tersebut untuk mengembangkan usaha internet marketing anda.
5. Ada yang mau nambahin??

Kata kunci terkait artikel: internet marketing pemula, kegagalan internet marketing pemula, tips internet marketing pemula.

Semoga tips tentang internet marketing pemula ini berguna bagi kita semua

Tambahkan Komentar Sembunyikan