Bisnis di Internet : Jenis, Kelebihan dan Kelemahan

Bisnis di internet belakangan ini semakin marak. Sejarah internet memang terhitung baru berkembang sejak awal tahun 90 an. Internet sebagai media online banyak dimanfaatkan untuk transfer data, sharing informasi dan bahkan termasuk bisnis jual beli produk dan jasa di internet juga terus berkembang. Bisnis di internet umumnya berbayar walaupun dimulai dengan yang gratisan. Dasar dilakukan gratisan dalam bisnis di internet adalah untuk menarik pengunjung datang ke suatu situs yang telah anda buat.

Apa saja Bisnis di Internet?


Bisnis di Internet sangat banyak ragamnya, mulai dari yang sederhana hingga yang simple. Secara mudahnya bisnis di internet di kategorikan menjadi tiga bagian besar (dikutip dari ebook mas welly) yaitu:

  1. Menjual produk sendiri (Product Creation)
  2. Menjual produk orang lain (Affiliate Marketing)
  3. Menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain (Ads Marketing)

Bisnis di Internet dengan menjual produk sendiri

Menjual produk sendiri di internet pada dasarnya adalah sama dengan menjual produk sendiri secara offline, yang membedakan adalah medianya. Media untuk menjual produk sendiri di internet adalah menggunakan internet artinya pembeli dan penjual bertemu di pasar internet. Hal tersebut tentu berbeda dengan menjual produk sendiri di pasar offline. Bisnis di internet dengan menjual produk sendiri harus menampilkan atau membuat seolah-olah calon pembeli dapat membayangkan produk yang akan dibelinya baik dalam hal penampilan warna, bentuk, dimensi dan performa untuk produk software. Hal tersebut merupakan kelemahan dari bisnis di internet dengan menjual produk sendiri dimana calon pembeli akan kesulitan untuk merasakan langsung produk yang akan dibelinya. Kelebihan bisnis di internet adalah pasar yang tidak pernah mati atau istirahat. Selama hosting dan domain online, maka selama itu pula transakai dapat terjadi.

Kejadian seperti itu tentunya tidak dapat terjadi di dunia bisnis offline dimana para pembeli dan penjual harus mempunyai kesepakatan terlebih dahulu untuk bertransaksi dan bertatap muka langsung. Kelebihan dari pasar offline adalah pembeli dan penjual dapat melihat langsung produk yang diperjualnelikan. Mau memilih yang mana? Julaan online (bisnis di internet) atau offline?

Bisnis di Internet dengan menjual produk orang lain (affiliate marketing)


Bisnis di internet dengan menjual produk orang lain sedikit berbeda dengan menjual produk sendiri. Kelebihan bisnis di internet dengan menjual produk orang lain adalah para pemasar tidak disibukkan dengan urusan perijinan, pembuatan produk, pengemasan produk, pengiriman produk dan lain sebagainya. Namun kelemahan bisnis di internet dengan menjual produk orang lain adalah keuntungan atau komisi dari tiap penjualan akan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan menjual produk sendiri.

Bisnis di Internet dengan menampilkan iklan orang lain (ads marketing)


JIka ita mempunyai sebuah website dan orang akan memasang iklan mereka di website kita, maka kita akan dibayar sesuai dengan jenis iklan tersebut. Jenis iklan pun bermacam-macam, ada yang berbentuk banner, ada yang berbentuk text dan ada juga yang berbentuk link. Jika anda tergolong internet marketer pemula atau yang baru belajar internet marketing, maka maka saya menyarankan anda untuk menjalankan bisnis di internet dalam bentuk affiliate marketing atau ads marketing.

Bisnis di Internet adalah bisnis yang sebagian orang dianggap aman dan tanpa modal atau hanya bermodal dengkul. Namun sepanjang yang saya jalani tidak seperti itu. Untuk menjadikan bisnis di internet itu nyata harus banyak mengeluarkan modal. Baik itu modal tenaga, pikiran, dan uang tentunya. Menurut saya seberapa besar kesuksesan seseorang di internet akan ditentukan oleh tingkat kekonsistenan orang tersebut dalam mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk mencapai sukses.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis di internet? Kata kunci terkait: Bisnis Jual Beli Produk dan Jasa di Internet, Internet Marketing, Jenis Bisnis di Internet, Kelebihan dan Kekurangan Bisnis di Internet, Make Money Online, Menjalankan Bisnis di Internet, Sukses Bisnis di Internet,

Tambahkan Komentar Sembunyikan