Tools

Menulis Konten: Pentingnya Menulis Konten Website Untuk Bisnis Online

Menulis konten itu mudah. Menulis konten itu susah. Kedua pendapat tersebut menurut saya ada benarnya tergantung dari sudut pandang orang yang berpendapat. Menulis konten dikatakan mudah jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Namun hal tersebut akan sangat berbeda jika orang yang baru memulai belajar menulis, tentu dia akan mengatakan menulis konten itu susah. Susah atau pun mudah, konten sangat diperlukan bagi orang yang ingin menjalankan usaha bisnis online. Ada beberapa hal penting yang mendasari pentingnya konten bagi sebuah website yang disampaikan oleh wordtracker.

Pentingnya Menulis Bagi Bisnis Online


Konten merupakan hal yang sangat krusial bagi keberlangsungan sebuah bisnis online. Konten yang baik akan menarik datangnya pengunjung, mengarahkan pelanggan dan pada akhirnya akan menumbuhkan bisnis itu sendiri. Maka dapat dikatakan bahwa konten itu penting untuk bisnis.

Konten yang bagus akan menarik perhatian pembaca. Memberikan informasi yang menarik dan berguna pengunjung dan terlebih lagi membantu menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap apa yang anda tulis. Dengan demikian, jika anda merekomendasikan suatu produk atau layanan jasa melalui situs anda, para pengunjung situs anda akan lebih membeli produk yang anda rekomendasikan. Untuk itu, menulis konten yang bermanfaat bagi pengunjung sangat penting.

Menulis konten melalui situs akan mengeluarkan pengetahuan yang tersimpan di dalam otak kita sehingga pengetahuan tersebut dapat diakses oleh pengunjung. Pada umumnya para pebisnis online hanya menyampaikan pengetahuan yang mereka miliki melalui dialog antarmuka semata. Ada pepatah mengatakan: give more then you will get more. Memberikan sebuah tips sederhana melalui situs anda akan memulai percakapan dengan orang lain yang mungkin akan membeli apa yang anda jual.

Tahukah anda bahwa dengan sering menulis konten melalui situs akan menarik search engine? Dengan mempublish tulisan anda di situs secara teratur, anda memberitahukan kepada robot search engine bahwa selalu ada yang baru di situs anda. Menulis konten secara teratur di awal pembuatan situs penting dilakukan untuk menarik datangnya search engine.

Menulis konten akan meningkatkan inbound links. Maksudnya adalah jika anda menulis sesuatu yang baru atau sesuatu yang controversial akan membuat orang lain berpikir dan menulis kembali tentang anda. Mungkin mereka akan memberikan link secara sukarela kepada anda. Semakin banyak link yang mengarah kepada anda atau apa yang anda tulis akan semakin banyak trafik yang datang ke situs anda.

Perlu diingat bahwa konten merupakan investasi. Mungkin anda sering mendapati informasi yang ditulis sekian lama di website masih saja muncul di halaman pertama pencarian. Menulis konten yang unik, menulis konten yang bermanfaat dan menulis konten yang baru adalah pekerjaan publisher. Selain menulis konten sebaiknya kita memperhatikan teknik teknik SEO yang lain. Berikut saya ada presentasi mengenai SEO yang mungkin membantu ada dalam mengoptimasi sebuah website.

Bagaimana caranya menulis konten yang unik, bermanfaat dan baru?


Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh orang yang baru memulai bisnis online. Saya sendiri terkadang bingung mau menulis apa dan bagaimana menulisnya. Kemudian saya memaksakan diri untuk menulis walaupun tulisan tersebut kurang berbobot. Who cares? Saya mendapati tulisan yang berpendapat bahwa menulislah secara bebas. Menulis konten tidak harus menunggu saat yang tepat. Saat yang tepat untuk menulis itu tidak pernah ada. Kita tidak harus menunggu datangnya mood untuk mulai menulis konten.

Bayangkan jika kita tidak pernah mulai menulis konten. Kita tidak akan pernah mempublish apa pun ke situs kita, search engine malas datang ke situs kita dan trafik yang kita harapkan tidak pernah datang. Akhirnya, bisnis online kita tidak akan pernah berjalan. Penghasilan online atau duit online pun tidak kunjung datang bukan?

Penulis konten yang telah berpengalaman tahu bahwa kemampuan menulis konten tidak datang secara tiba-tiba. Mereka memaksakan diri untuk menulis. Untuk dapat menulis mereka membaca tulisan orang lain dan bertanya apakah ide tulisan tersebut cocok untuk pengunjung situs saya? Mereka akhirnya mulai menulis dengan mendengarkan apa yang dikeluhkan pengunjung situs tersebut dan memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Bagi anda yang merasa kesulitan menulis, perbanyaklah membaca. Gali informasi sebanyak-banyaknya dan tuliskan menurut pemikiran anda. Sebenarnya tidak ada yang baru, yang baru hanyalah kombinasi dari apa yang telah ada sebelumnya. Mari menulis konten yang bermanfaat bagi pengunjung situs kita.

Tambahkan Komentar Sembunyikan