Tools

Web Hosting Terbaik: Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Web hosting terbaik saat ini dicari oleh para blogger dan internet marketer yang serius menggeluti bisnis online. Dengan menggunakan hosting yang bagus, diharapkan tidak akan terjadi downtime yang berujung pada larinya trafik dengan kata lain uptime dari web hosting terbaik diharapkan mencapai 100% atau 99,9%. Banyak penyedia layanan hosting yang menyatakan bahwa dirinya adalah tempat hosting terbaik. Kita sebagai konsumen seharusnya tidak lantas begitu saja terhadap klaim yang disampaikan oleh perusahaan yang menyatakan dirinya sebagai web hosting terbaik.

Tips Memilih Web Hosting Terbaik


Untuk menilai web hosting bagus, kita harus memperhatikan beberapa aspek yang diantaranya adalah harga hosting atau tatif hosting, lokasi server hosting, bandwidth hosting, disk space hosting, dan team support web hosting. Coba anda simak penjelasan singkat mengenai hosting bagus yang saya ambil dari web hosting terbaik.

  1. Harga. Harga memang sangat umum dijadikan patokan para penyewa jasa webhosting, semakin murah harga sewa maka akan semakin banyak orang yang tertarik, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jasa penyewaan webhosting yang murah akan memberikan pelayanan yang maksimal dan juga sebaliknya mahal juga belum tentu bagus jadi masalah harga relative, biasanya pelayanan dan space akan mempengaruhi harga, semakin baik pelayanan dan semakin tinggi space yang di sewa maka harganya akan semakin tinggi juga.
  2. Server. Server yang baik memang berada di Indonesia ini akan memudahkan aksesibilitas apabila target pengaksesnya lebih banyak berada di Indonesia namun jika targetnya pengaksesnya dari sebaiknya (luar Indonesia) pilihlah server yang di luar (US Server), namun ini bukan penyedia webhosting yang di luar negeri melainkan hanya lokasi servernya saja. Hal ini banyak di jumpai di beberapa penyedia layanan webhosting pada umumnya mereka menawarkan 2 jenis layanan yakni menggunakan server di Indonesia maupun di Luar Negeri. Untuk masalah harga perbedaanya tidak terlalu jauh.
  3. Bandwith/Traffic. Setiap akses ke website Anda, maka traffic anda pun akan naik hal ini akan mempengaruhi bandwith yang di berikan sekaligus apabila kapasitas bandwith yang di sediakan habis maka anda akan dikenakan biaya tambahan namun sejauh ini hal ini masih belum terlalu penting pengaruhnya, namun jika suatu saat traffic anda sangat tinggi perlu memperhatikan kapasitas yang diberikan oleh penyewa webhosting.
  4. Disk Space. Ruang untuk ditempati pun tidak luput dari perhatian khusus anda yakni space pada umunya space yang ditawarkan mulai dari 25 Mb Hingga Unlimited (*Unlimited? 99% tidak mungkin, Harap berhati-hati dengan layanan semacam ini). Harga yang ditawarkan pun bervariasi, semakin besar jumlah space maka semakin tinggi juga nilainya. Untuk menghemat maka Anda harus dapat menentukan jumlah space yang akan anda sewa sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.
  5. Team Support. Pastikan dukungan teknis dari penyedia hosting anda 1×24 jam bahkan yang live support sekaligus, hal ini untuk membantu anda satu saat mengalami masalah terhadap website anda yang barang tentu berkaitan dengan tempat anda meletakan data anda di webhosting tadi, agar tidak terjadi hal2 yang diluar keinginan anda.
  6. Fitur. Fitur adalah salah satu pilihan yang dapat anda gunakan dalam mengembangkan kredibilitas website anda mulai dari dukungan server side scriptnya (ASP, PHP, CGI, JAVA dsb), Email Acount, SQL (database) juga untuk monitoring trafik dan log untuk mengetahui jumlah pengakses serta aktifitas atas website kita.
  7. Control Panel. Dalam management webhosting kita akan diberikan control panel untuk mengatur inventaris data kita dengan mudah, oleh sebab itu pastikan control panel yang easy for use dan user friendly agar memudahkan anda dalam mengatur inventaris data website anda.
  8. Trial atau Free Hosting. Untuk lebih memantapkan kredibilitas sebuah jasa layanan hosting dan membuktikan fitur dan layanan, control panel yang di gunakan maka mintalah trial atau free hosting agar anda lebih nyaman sebelum anda memutuskan untuk memilih jasa webhosting tersebut.

Bagaimana pendapat atau pengalaman agan mengenai web hosting terbaik yang mungkin berkaitan dengan tips yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting terbaik. Saya juga pernah daftar hosting terbaik yang gratis, silahkan dibaca jika anda belum membacanya. Sampai saat ini saya masih menggunakan hostgator dan saya tidak menemukan kendala yang berarti. Saya sangat senang dengan fasilitas live chatnya dimana team supportnya sangat responsive menanggapi keluhan. Saya berharap semoga artikel singkat mengenai web hosting terbaik ini berguna untuk anda.

Tambahkan Komentar Sembunyikan