Air Stripper: Packed Material dalam Air Stripper - Arah Aliran dalam Air Stripper

Untuk memisahkan bahan kimia atau polutan dari cairan dilakukan dalam suatu alat yang disebut dengan air stripper. Air stripper umumnya berbentuk sebuah tangki (tabung, menara) yang diisi dengan material terkemas (packed material) yang terbuat dari bahan plastic, keramik, dan baja seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Arah Aliran dalam Air Stripper

Sebelumnya anda telah membaca artikel tentang pemisahan amonia dengan menggunakan proses air striping dengan alat air stripper. Air stripper yang umum dijumpai adalah jenis air stripper dengan arah aliran udara dan air saling berlawanan arah (counter current). Air yang mengandung bahan berbahaya dipompakan dari bagian atas menara dengan cara disemprotkan, sedangkan udara dipompakan dari bagian bawah. Telah dijelaskan di atas bahwa packed material yang terdapat di dalam menar memungkinkan terjadinya kontak permukaan yang lebih luas. Penggamabaran lebih jelas mengenai air stripper dengan arah counter current diilustrasikan seperti Gambar 3 dan Gambar 4 berikut.

Gambar 3. Air Stripper Tipe Counter Current (EPA, 2001)
Untuk memastikan bahwa keluaran dari air stripper sudah bersih dari cemaran (amoniak) maka dilakukan pengujian secara berkala. Jika hasil pengujian menunjukkan bahwa keluaran dari air stripper belum memenuhi standar maka keluaran perlu dialirkan ke air stripper (menggunakan metode berbeda) lainnya sehingga efluen memenuhi standar.

Salah satu kelebihan penggunaan air stripper adalah air stripper telah terbukti aman digunakan (EPA, 2001). Peralatan air stripper dapat dibawa ke daerah yang airnya tercemar. Hal tersebut akan meminimalkan biaya pengangkutan air limbah ke fasilitas IPAL. Air tercemar yang telah diproses dalam air stripper dapat dikembalikan ke tempat air tersebut berasal.

Tambahkan Komentar Sembunyikan