Menganalisa Visi, Misi dan Nilai Suatu Perusahaan

Menganalisa Visi, Misi dan Nilai Suatu Perusahaan dalam tulisan ini merupakan tugas Mata Kuliah Rekayasa Proses Perusahaan Agroindustri pada Program Pascasarjana Teknologi Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor. Ada 3 perusahaan yang dianalisa Visi, Misi dan Nilai nya. Silakan menyimak dan semoga bermanfaat.


Perusahaan yang dianalisis Visi dan Misinya

PT. Amerta Indah Otsuka

Visi:
Menjadikan perusahaan yang BRILLIANT, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat

Analisa Visi:
Visi di atas menunjukkan arah perusahaan yang jelas dimana perusahaan ingin menjadikan dirinya bermakna/bermanfaat dan terpercaya di mata konsumen dan masyarakat luas. Pernyataan visi tersebut mampu menginspirasi karyawannya untuk bekerja brilliant “cerdas”. Aspek mengarahkan (directing), memandu (guiding), dan memusatkan (focusing) kegiatan dari pernyataan visi perusahaan tercermin dari pernyataan “memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat”. Dengan demikian pernyataan visi tersebut bisa dikatakan cukup memenuhi persyaratan sebuah visi.

Misi:
Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, menjadikan kebutuhan dan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama, menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta pengembangan perusahaan, mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis dan menjadi perusahaan yang terpercaya

Analisa Misi:
Pernyataan misi di atas merupakan pernyataan yang sangat mendukung visi yang ingin dicapai perusahaan. Visi menjadi perusahaan brilliant terlihat dari misi dengan pernyataan “Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi. Perusahaan ingin menjadikan dirinya kumpulan dari karyawan yang brilliant. Dengan mempertahankan dan mengembangkan karyawan yang berkualitas, perusahaan menganggap akan mampu menjadi perusahaan yang brilliant. Jika dikaitkan dengan aspek misi yang berupa tindakan yang seharusnya diambil, maka pernyataan misi perusahaan di atas sudah memenuhi pernyataan misi yang baik.

Incorporation of vision and mission:
Pernyataan visi dan misi perusahaan di atas saling berkaitan dan menunjukkan hubungan yang konstruktif. Pernyataan visi didukung dengan tindakan misi yang baik.
Budaya perusahaan: bekerja secara cerdas “efektif dan efisien” menjadi kunci tercapainya visi perusahaan sehingga budaya disiplin menjadi nilai yang harus dijaga oleh karyawan dan manajemen perusahaan

Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (SBRC) – LPPM IPB

Vision
Become the foremost research center on surfactant and bioenergy which involved scientific multi-discipline and able to provide widely benefit to the community nationally and globally.
Analisa visi:

Visi perusahaan di atas cenderung mengarahkan (guiding) perusahaan untuk mencapai tujuan dengan pernyataan“Become the foremost research center on surfactant and bioenergy”. Namun, pernyataan tersebut cenderung mengambang dan tidak jelas walaupun bidang yang menjadi tujuan sudah spesifik, yaitu surfaktan dan bioenergi. hal tersebut dapat dicermati dari kata foremost “terkemuka”. Menurut pendapat saya, setiap perusahaan (enterprise) akan menjadi terkemuka secara otomatis jika perusahaan tersebut berbeda dari perusahaan lain baik menjadi pemimpin pasar (leading) jika perusahaan sejenis ataupun berbeda karena tidak ada yang menyamai. Walaupun sudah cukup baik, namun visi tersebut dapat diperbaiki misalnya dengan menjadi perusahaan pionir dalam inovasi teknologi bidang surfaktan dan bioenergi. Pernyataan visi tersebut masih cenderung sama dengan perusahaan lain sehingga tidak mampu menempatkan perusahaan dalam posisi yang berbeda dari perusahaan lainnya.

Dari sisi karyawan perusahaan, pernyataan visi tersebut tidak memperlihatkan adanya kandungan yang mampu menginspirasi karyawan. Manfaat yang diberikan perusahaan seolah-olah hanya menyasar “community” yang kurang spesifik. sebagai sebuah lembaga pusat penelitian, seharusnya pelanggan “pengguna” diikat dengan pernyataan bahwa perusahaan ini terpercaya, penuh inovasi, akurat “hasil analisanya” dan kualitas pelayanan yang prima.

Mission
  1. Increase the value of tropical natural resources
  2. Surfactant utilization diversification in various industries
  3. Revitalization of natural resources potency based on surfactant and bioenergy utilization
Analisa Misi
Misi merupakan tindakan yang seharusnya diambil atau dilaksanakan oleh perusahaan. Dalam pernyataan misi perusahaan SBRC di atas terlihat bahwa perusahaan mengarahkan tindakan yang diambil adalah meningkatkan nilai tambah bahan, diversifikasi pemanfaatan produk, penggalian potensi bahan baku berdasarkan arah penggunaan produk. Jika dikaitkan dengan visi perusahaan yaitu menjadi pusat penelitian terkemuka dalam bidang surfaktan dan bioenergi, pernyataan misi tersebut cukup relevan. Namun demikian, pernyataan misi di atas masih terbatas pada pendayagunaan produk dan belum menyinggung tindakan apa yang harus di ambil jika kaitannya dengan pelanggan, pesaing dan pasar.

Incorporation of vision and mission
Kaitan antara visi perusahaan menjadi terkemuka dan pernyataan misi dengan mendayagunakan bahan dan produk tidak menunjukkan hubungan yang kuat. Apakah dengan melaksanakan misi di atas akan menunjang tercapainya visi? Misalnya jika dengan meningkatkan nilai tambah bahan tropis akan menunjang aspek terkemuka-nya sebuah perusahaan? Sepertinya relasi antara kedua hal tersebut agak kabur. Jika misinya di arahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, maka hal tersebut lebih mendukung untuk tercapainya visi “terkemuka”. Jika pelayanan perusahaan memuaskan pelanggan, tentunya pelanggan akan loyal dan tidak menutup kemungkinan untuk merekomendasikan perusahaan kepada pelanggan lainnya “word to mouth”. Dengan demikian perusahaan makin dikenal banyak pelanggan dan visi terkemuka akan menjadi lebih jelas tercapai.

Google

Profil Singkat
Google didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google.com merupakan situs mesin pencari (search engine) terbesar di dunia yang menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet.

Vision and Mission
Organize the world’s information and make it universally accessible and useful.

Analisa visi dan misi:
Visi dan misi perusahaan Google di atas singkat dan sangat unik. Dengan pernyataan tesebut Google membedakan dirinya dari perusahaan lain meskipun perusahaan sejenis sehingga Google menjadi perusahaan yang unik. Pernyataan visi dan misi tersebut memenuhi criteria visi dan misi yang seharusnya. Arah perusahaan juga jelas bahwa Google hanya mengorganisasikan informasi dari seluruh dunia dengan cepat dan hanya informasi yang berguna saja yang disajikan

Values
Google memiliki budaya kerja yang santai. "Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam," dan "Bekerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan." Budaya bekerja santai namun penuh inovasi Google dapat dilihat dari logo Google-nya yang bervariasi pada hari-hari tertentu. dengan value yang dianut tersebut, Google mampu menjadi perusahaan yang leading dalam bidang search engine.

Video terkait Visi, Misi dan Nilai




Tambahkan Komentar Sembunyikan