Tools

Menjadi Mahasiswa

Menjadi mahasiswa tidaklah semudah dan seindah orang bayangkan. Saya pernah mengalami menjadi mahasiswa dan kini terus belajar untuk menjadi pembelajar. Rekaman jejak sebagai mahasiswa dapat ditelusuri melalui situs atau web forlap dikti. Saya pernah ber status mahasiswa tingkat sarjana dan magister di program studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Berikut adalah screenshot dari web dikti yang saya abadikan.
Ada sebuah paradoks yang pernah disampaikan dosen saya pada saat kuliah dan saya masih ingat apa yang beliau sampaikan terkait menjadi mahasiswa.

"Menjadi mahasiswa itu apa yang kamu cari? Kuliah itu tidak enak. Kamu bayar mahal, tapi dibikin pusing. Harus ngerjain tugas ini itu, harus ujian ini itu... semua itu kan bikin kamu pusing alias menderita. Tapi kok kamu ya mau??"

Entahlah. Saya sendiri memang merasakan apa yang beliau sampaikan pada saat itu, namun belum dapat mencernanya dengan baik. Mungkin ada diantara anda yang menjadi pengunjung blog ini, mau berbagi pendapat tentang tulisan menjadi mahasiswa....

Tambahkan Komentar Sembunyikan