Cara Setting Garis Footnote atau Catatan Kaki dari Kiri ke Kanan di MS Word

Cara Setting Garis Footnote atau Catatan Kaki dari Kiri ke Kanan di MS Word itu gimana caranya pak? Ada pertanyaan dari mahasiswa saya di Kampus Siman - UNIDA Gontor, bagaimana cara merubah garis footnote yang ada di sebelah kiri menjadi di sebelah kanan. Saya yang selalu menulis naskah dengan style dari kiri ke kanan (Left to Right - LTR) perlu mencari tahu cara menjawab pertanyaan dari mahasiswa saya tersebut.
Saya sadar, mereka adalah mahasiswa santri yang sering menggunakan bahasa Arab. Penulisan dari kanan ke kiri umumnya memang digunakan untuk teks yang berbahasa Arab. Menulis artikel dalam bahasa Arab memang kaidahnya dari kanan ke kiri (RTL atau right to left).Berikut ulasannya.

Tulisan teks atau naskan yang berbahasa arab dimulai dari kanan ke arah kiri. Tapi yang menjadi masalah adalah ketika menyisipkan catatan kaki (footnote) garis footnotenya berada di sebelah kiri. Lalu bagaimana caranya agar garis footnote juga mengikuti kaidah dari  dari kanan ke kiri?

Setelah sekian lamanya mengotak atik MS - Word 2007 akhirnya alhamdulilah saya temukan juga caranya, cayanya seperti berikut ini :
Sediakan file ketikan yang akan di beri footnote seperti di bawah ini


Setelah footnote terbentuk, lalu pilih Draft yang berda di sudut sebelah kanan bawah dari tampilan MS-Word anda seperti berikut ini


Setelah itu akan tampil di layar seperti berikut ini

Setelah itu klik kembali Insert Footnote(seperti kita memasukkan footnote pertama kali tadi) maka akan tampil di layar seperti berikut ini :


Setelah tampil kemudian pilih tanda panah yang terdapat di All Footnotes kemudian pilih
Footnote Saparator

Kemudian akan tampil gambar seperti berikut :

Setelah itu pilih home, kemudian plih Right-to-Left text Direction

Setelah itu secara otomatis, garis footnote kita akan berpindah ke sebelah kanan seperti berikut :


Setelah itu kita kembalikan format MS – Word kita seperti semula dengan cara memilih Print Layout, yang terdapat di sebelah kanan bawah dari MS-Word kita :

maka MS-word kita akan kembali seperti semula. Lihatlah garis footnote kita akan berobah secara otomatis ke sebelah kanan seperti berikut ini

Seperti inilah hasil akhirnya:


Dikutip dari afrizaldaonk.blogspot.co.id/2011/04/memindahkan-gari-foot-note-dari-kiri-ke.html

Tambahkan Komentar Sembunyikan