Pengaturan Waktu di Schoology

Pengaturan Waktu di Schoology itu mudah. Schoology merupakan salah satu wahana yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (e-learning). Meskipun gratis atau tidak berbayar, schoology tetap memberikan fitur-fitur yang dapat dikatakan premium. Anda dapat membuka akun gratis di schoology.com. Ada kalanya masih terjadi kesalahpahaman antara dosen dan mahasiswa yang sama-sama menggunakan schoology. Hal tersebut bisa saja terjadi karena setingan waktu antara dosen dan mahasiswa tidak sama. Saya pun juga pernah mengalami hal yang sama saat menjadi dosen di UNIDA Gontor, Ponorogo.

Saya tidak telat mengumpulkan tugas pa!!

Bagi anda yang telah menggunakan schoology, baik dosen/guru maupun mahasiswa/siswa, perlu mengetahui pengaturan waktu di schoology. Hal tersebut penting supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Pengaturan waktu di akun siswa harus sama dengan pengaturan waktu di akun guru. Jika pengaturan waktu tidak sama, mungkin akan timbul permasalahan. Ilustrasinya begini. Dosen memberikan penugasan kepada mahasiswanya dan paling lambat dikumpulkan via schoology pada hari Rabu jam 14.00 WIB. Kemudian siswa mengerjakan dan mengumpulkan sesuai kesepakatan. Pada saat kuliah, dosen mengumumkan kepada mahasiswa, bahwa mahasiswa terlambat mengumpulkan tugas. Padahal, mahasiwa tidak merasa terlambat. Hal tersebut terjadi karena setting waktu di schoology belum sama. Untuk menyamakan aturan seting waktu di schoology silakan ikuti panduan berikut.

Pertama, anda perlu login ke akun schoology. Setelah login, klik pada menu dropdown yang ada di bagian kanan atas akun anda. Tampilannya adalah sebagai berikut, ikuti no 1 dan 2 pada gambar tersebut.
Selanjutnya klik Account Settings, dan anda akan menuju tampilan dashboard setting akun schoology anda. Penampakannya adalah sebagai berikut

Pada gambar tersebut ada setingan Timezone. Isikan sesuai dengan kesepakatan, antara dosen dan mahasiswa. Umumnya di Indonesia bagian barat menggunakan pilihan Asia/Jakarta.
Semoga artikel tentang Pengaturan Waktu di Schoology bermanfaat buat anda. Silakan berkomentar dan terima kasih.

Tambahkan Komentar Sembunyikan