Profil TIP UNIDA Gontor - Prodi Teknologi Industri Pertanian

Apa itu TIP UNIDA Gontor

TIP UNIDA Gontor adalah salah satu program studi yang ada di Universitas Darussalam Gontor. TIP merupakan singkatan dari Teknologi Industri Pertanian. Istilah asing dari Teknologi Industri Pertanian adalah Agroindustrial Technology. Program studi ini memfokuskan kajian ilmunya pada bidang manajemen, proses, lingkungan yang terkait dengan dunia industri pertanian (agroindustri), muaranya adalah teknologi pertanian yang merupakan agrokompleks bidang pertanian (agriculture). Anda dapat merujuk visi dan misi TIP Unida Gontor melalui tautan ini.

Sejarah lahirnya TIP UNIDA Gontor

TIP Unida Gontor resmi berdiri pada tahun 2014. Pendirian prodi ini sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu, Prof. M. Nuh. Diilhami oleh peristiwa Lailatul Qodar, SK tersebut diberikan bertepatan pada bulan Ramadhan 1436 H.

Mengapa anda kuliah di TIP UNIDA Gontor

Anda yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) perlu berburu informasi terkait jurusan yang ada di perguruan tinggi yang anda tuju. Teknologi Industri Pertanian saat ini (18 Maret 2017) mungkin kurang populer karena adanya marjinalisasi pertanian itu sendiri. Pertanian dipandang sebagai sektor kehidupan yang tidak memiliki masa depan cerah. Padahal faktanya, negara yang sudah maju dipastikan kebutuhan yang terkait pertanian "pangan" sudah tercukupi dengan layak.

Jika anda ingin mengembangkan pertanian secara industri sehingga menjadi pilihan utama dan diperhitungkan dimasa depan, anda layak mencoba mengambil jurusan teknologi Industri Pertanian. Perdalami lagi keinginan anda sehingga anda tidak salah memilih jurusan saat kuliah.

Jadi apa setelah lulus dari TIP UNIDA Gontor

Pertanyaan klasik yang seringkali muncul adalah "jadi apa saya setelah lulus kuliah?" Yang pasti anda akan tetap menjadi manusia. Tentunya manusia yang lebih tau tentang pertanian secara lebih luas, pentingnya peran pertanian dan mau dibawa kemana pertanian Indonesia.

Selamat mencoba dan berikan komentar anda.

updated on 17 Maret 2017 di Cirebon Jawa Barat

Tambahkan Komentar Sembunyikan