Tools

Solusi Mengatasi Situs atau Website terdeteksi Berbahaya di Internet

Solusi Mengatasi Situs atau Website terdeteksi Berbahaya di Internet - Satu pengalaman yang cukup berharga ketika menjadi blogger atau web admin adalah webnya dinyatakan berbahaya oleh mesin pencari atau scanner website online. Dalam artikel ini admin menulis artikel dalam dunia blogging yang terkait keamanan website . Hal ini juga dialami oleh Slamet Purwanto. Untuk itu mari jadikan pengalaman saya ini sebagai pembelajaran untuk lebih berhati-hati ke depannya.

Website Slamet Purwanto dirasakan semakin sepi oleh pengunjung. Karena kesibukan admin, maka website ini dibiarkan saja dan bisa dikatakan tidak terurus. Sampai suatu ketika, admin berpikir ada hal yang tidak beres dengan website ini. Akhirnya admin melakukan beberapa tindakan dan menuliskan pengalaman  terkait website berbahaya yang akan berguna buat kita semua.

Scanning Website Slamet Purwanto dengan Sucuri.Net

Saat ini banyak sekali Free Website Malware Scanner yang tersedia gratis secara online. Penulis mencoba beberapa diantaranya dan paling terkesan dengan Sucuri.net. Saat artikel ini ditulis (20 Maret 2017), kondisi website slamet purwanto masih dinyatakan berbahaya dan dideteksi terinfeksi malware. Anda pun dapat meng-klik pada tautan yang diberikan untuk melihat updatenya. Berikut adalah screenshot hasil scan sucuri.


Anda dapat melihat pada Gambar di atas yang menunjukkan hasil scan malware oleh Sucuri. Website Slamet Purwanto telah diblacklist dan statusnya dinyatakan kemungkinan berbahaya. Untuk melihat di blacklist oleh siapa, anda dapat mengklik Tab Blacklist Status. Hasil screenshot web Slamet Purwanto adalah seperti gambar berikut.
Dari gambar diatas, anda dapat melihat bahwa Slamet Purwanto dinyatakan blacklist oleh Yandex. Yandex adalah mesin pencari seperti Google atau Bing. Akhirnya admin penyadari kenapa website ini menjadi buruk dari sisi SEO. Ternyata oleh satu search engine website ini dideteksi berbahaya.

Selanjutnya admin melakukan hasil pencarian website Slamet Purwanto via Yandex.com. Hasil pengetikan "slametpurwanto.com" pada mesin pencari yandex menunjukkan bahwa website ini valid dinyatakan berbahaya. Berikut adalah screenshot yang ditangkap pada 20 Maret 2017.
Terlihat dari gambar diatas bahwa website slametpurwanto.com di blur oleh hasil pencarian Yandex. dan di bagian bawah ada tanda seru dalam segitiga yang memperlihatkan bahwa website ini mungkin berbebahaya bagi komputer pengunjung. Perhatikan pada pernyataan According to Yandex, this site might be dangerous>

Kenapa Website Dinyatakan Berbahaya

Karena ingin tahu lebih jauh kenapa dinyatakan berbahaya, maka admin membuat akun di webmaster Yandex dan mendaftarkan web SlametPurwanto.com pada mesin pencari tersebut. Dashboard webmaster yandex juga mirip dengan dashboard google dan bing. Anda dapat melihat hasil diagnosa website ini pada webmaster Yandex seperti gambar berikut.


Di sisi sebelah kiri tersedia Menu Troubleshooting dengan dua submenu, yaitu Site Diagnostic dan Security and Violations. Hasil Site Diagnostics web Slamet Purwanto, pada tanggal 20 Maret 2017, anda dapat melihat bahwa ada kesalahan fatal yang dapat anda lihat pada gambar diatas. Selanjutnya admin, mengklik link Details yang disedikan dan hasilnya dapat anda lihat pada gambar berikut. Link details tersebut sebenarnya menuju ke sub menu Security and violations

Ternyata hasil analisisnya dinyatakan bahwa dalam dua link di website saya dinyatakan berbahaya. Dulu, saya memang pernah menulis artikel tentang software SEO. Tindakan yang saya lakukan adalah saya menghapus dua artikel tersebut dan menyimpan untuk selanjutnya dicek kembali oleh tim Yandex. Admin mengikuti saran yang diberikan Yandex, seperti dikutip berikut ini:
The malicious code has been deleted. What next?

The warning about the site posing a threat will be removed from search results if the Yandex robot does not detect an infection during the next scan. To speed up re-checking, send a request via Yandex.Webmaster: click the Recheck button in the Security section.

During the following weeks after infection, continue re-checking the files and site code on a regular basis, in case the vulnerability was not resolved or hackers still have access to the site.
Sampai artikel ini diterbitkan, 20 Maret 2017, Website ini masih dinyatakan berbahaya oleh Yandex. Jika anda memiliki pengalaman yang sama dengan penulis dan ingin berbagi tentang tutorial atau Solusi Mengatasi Situs atau Website terdeteksi Berbahaya di Internet, maka silakan share pengalaman anda pada kolom komentar. Sharing is Caring.

Tambahkan Komentar Sembunyikan