Kolagen dan Macam Gelatin bagi Industri serta Merk dan Harga Gelatine

Jenis dan Fungsi Gelatin: Merk dan Harga Gelatin di Pasaran. Bila Anda sedang mencari informasi tentang produk gelatin seperti merk dan harga gelatin di pasaran, maka Anda sampai pada halaman web yang tepat. Kami akan mengulas informasinya secara lengkap untuk Anda.


Secara fisik, gelatin (gelatine) merupakan zat berbentuk padat, tidak berwarna, tembus cahaya, tidak berasa, dan rapuh dalam keadaan kering (Wikipedia). Karena sifatnya yang tidak berwarna dan tidak berasa, maka gelatin mudah untuk ditambahkan ke dalam adonan makanan (food ingredients) atau proses lain yang terbantu dengan adanya gelatin. Penambahan gelatin tidak merusak warna dan citarasa makanan. Jika anda belum mengetahui apa itu gelatin, silakan baca artikel tentang pengertian gelatin.

Gelatin adalah zat yang tidak terdapat di alam secara bebas seperti bahan tambang. Menurut Kobayashi, dari Miyagi Chemical Industrial Co., Ltd, gelatin dapat diperoleh dengan cara mengekstrak jaringan kolagen yang terdapat hwan pada bagian tulang, kulit (skin and hides) dan tendon. Gelatin tidak dapat diekstrak dari bagian tubuh seperti tanduk, kuku atau bagian tubuh lainnya yang tidak mengandung kolagen. Selain itu, gelatin juga tidak ditemukan pada tanaman, termasuk rumput laut. Hewan yang sering dijadikan sebagai sumber gelatin adalah sapi, babi dan ikan.

Apa itu Kolagen

Kolagen adalah protein (scleroprotein) yang uni dasarnya tersusun dari sekitar 1050 asam amino. Umumnya, urutan asam amino kolagen adalah glisin-prolin-X dan glisin-X-hidroksiprolin. X adalah asam amino selain glisin, prolin atau hidroksiprolin. Susunan asam amino tersebut berbentuk rantai yang membentuk struktur triple helix. Hubungan silang diantara struktur heliks tersebut membentuk fibril/benang kolagen. Struktur dari fibril kolagen membentuk jaringan ikat di kulit dan tulang pada manusia dan hewan.

Jaringan kolagen berperan dalam memberi kekuatan dan elastisitas kulit kita. Kolagen juga membantu dalam proses penggantian sel kulit mati. Dengan kata singkat, kolagen dapat diibaratkan seperti "lem" yang menahan tubuh agar tetap bersama sebagai satu-kesatuan.


Tingkat produksi kolagen dalam tubuh mengalami pelambatan secara alami mulai seiring dengan bertambahnya usia. Proses degeneratif merupakan tanda-tanda penuaan yang dicirikan oleh kulit keriput, kulit kendur dan nyeri sendi. Selain faktor usia, faktor lain seperti gaya hidup juga berkontribusi pada penurunan produksi kolagen. Contohnya adalah mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi, merokok dan paparan sinar matahari yang tinggi.

Macam Gelatin dan Bentuknya

Secara umum, orang mengenal 2 macam gelatin, yakni gelatin tipe A dan gelatin tipe B. Perbedaanya berdasarkan asal bahan dan proses pembuatannya. Gelatin tipe A berasal dari babi atau dibuat dengan proses asam, sedangkan gelatin tipe B berasal dari non babi atau dibuat dengan proses basa (alkali). Selengkapnya silakan anda baca uraian tentang jenis gelatin.
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gelatin
Gelatin yang dijual dipasaran umumnya berupa gelatin bubuk (powder gelatine) dan gelatin lembaran (leaf gelatine). Gelatin bubuk atau serbuk lebih banyak dijumpai di supermarket. Namun demikian, untuk kebutuhan memasak, orang lebih suka menggunakan gelatin lembaran karena karakteristiknya yang lebih cepat larut, tidak berbau, tidak berasa dan jernih.

Proses pemasakan gelatin lembaran dan gelatin bubuk itu berbeda. Untuk gelatin lembaran, rendam gelatin dalam air dingin selama 5 menit. Kemudian, peras lembaran untuk mendapatkan cairan gelatin. Untuk gelatin bubuk, taburkan ke dalam air dingin sehingga mengembang. Selanjutnya panaskan untuk melarutkan secara sempurna.


Anda tentu mulai berpikir bahwa gelatin banyak digunakan pada industri makanan dan dunia kecantikan atau kosmetik. Iya, anda benar. Selain itu, gelatin juga banyak diaplikasikan pada industri farmasi dan fotografi. Apakah ada, industri lain yang menggunakan gelatin?

Industri Pengguna Gelatin

Ada banyak industri yang menggunakan gelatin, mulai dari industri makanan dan minuman, militer, farmasi, kosmetik hingga fotografi. Yuk kita bahas satu per satu.

Industri makanan dan minuman

Gelatin memainkan peranan penting dalam proses pengolahan makanan. umumnya, gelatin berfungsi sebagai penstabil atau mempertahankan fase tertentu dalam olahan makanan. Berikut adalah beberapa produk olahan makanan yang menggunakan gelatin

Dalam produk roti ini memiliki fungsi unik, membantu mempertahankan bentuk seperti kristal gula dan untuk menstabilkan fase cair dari berbagai produk roti seperti icing, tambalan krim, glazes dan marshmallow. Ini digunakan dengan mousses dan whipped topping untuk fungsi mencambuk dan menstabilkan. Hal ini digunakan dalam makanan kaleng seperti ham untuk membungkam jus yang diekstrusi selama tahap pemrosesan.
  1. Roti. Pada pembuatan roti, gelatin memiliki fungsi yang unik. Diantaranya adalah mempertahankan bentuk seperti kristal gula dan menstabilkan fase cair dari beberapa varian produk roti seperti icing, cream filings, glazes dan marshmalows. Produk ini biasanya digunakan untuk toping makanan yang perlu kestabilan. Dengan penambahan gelatine, pembentukan busa pada marshmallow menjadi lebih maksimal.
  2. Makanan dalam kaleng. Pada proses pengolahan makanan dalam kaleng, gelatin berfungsi untuk menahan keluarnya "juice". Dengan demikian citarasa makanan akan tetap seperti asalnya. Makanan dalam kaleng disini termasuk buah dalam kalen.
  3. Daging olahan seperti baso dan sosis. Jika ditambahkan ke dalam adonan bakso, gelatin bubuk membantu tekstur baso menjadi empuk dan juicy.
  4. Olahan susu seperti es krim. Es krim merupakan produk yang umumnya menggunakan gelatin. Susu tersusun atas lemak dan air yang lama-kelamaan akan memisah secara alami. Untuk membuat tekstur susu dalam es krim tidak pecah, maka digunakan gelatin. Selain itu, gelatin juga mencegah pembentukan kristal es selama penyimpanan dingin. Hal ini juga berlaku untuk produk olahan sejenis.
  5. Minuman: Gelatin berfungsi untuk menjernihkan sari buah, jus, bir, dan wine.
  6. Buah-buahan.. Fungsi gelatin adalah sebagai pelapis untuk menjaga kesegaran buah agar tahan lama. Gelatin dapat mengikat air karena kemampuan gelling-nya (gelling ability).
  7. Permen (candy) dan sejenisnya. Gelatin berfungsi untuk memperbaiki tekstur adonan permen, mengatur konsistensi produk, dan meningkatkan elastisitas (kekenyalan) pada permen jelly.

Industri Farmasi

Pada industri farmasi, gelatin berperan pemting dalam pembuatan kapsul keras dan kapsul lunak. Caranya adalah dengan mencelupkan pin baja tahan karat (stainless steel) ke dalam larutan gelatin. Kemudian ditiup udara dingin. Proses selanjutnya adalah menurunkan kadar air dan menyatukan dua bagian kapsul. Produk perawatan rambut, kosmetik, tekstil dan pembuatan kertas juga menggunakan gelatin.

Industri Senjata

Gelatin kualitas tinggi digunakan oleh badan penegak hukum, militer dan pabrik amunisi dengan tujuan pengujian. Gelatin difungsikan untuk meniru kepadatan tubuh manusia. Selanjutnya uji efektifitas senjata dilakukan dengan menggunakan gelatin. Karakteristik konsistensi dan kejernihan yang tinggi pada gelatin juga difungsikan untuk observasi dan fotografi pada proyektil peluru.

Industri Fotografi

Dr. Richard Maddox diduga menjadi orang pertama yang menyarankan penggunaan gelatin dalam fotografi. Dia menyarankan untuk melapisi piring kaca dengan bahan kimia yang sensitif dan memasukkannya ke dalam gelatin, bukan emulsi koloid. Agar-agar yang digunakan dalam industri fotografi terutama berasal dari tulang daging sapi. Gelatin dengan grade fotografi banyak diaplikasikan pada produk seperti anti-halogen layers, non-curl layers, coating layer, sub-coating layers, dan silver halide emulsion layer.

Industri Kosmetik

Kemampuan jaringan kolagen untuk meregenerasi sel kulit mati, ditengarai masih terdapat pada gelatin. Oleh karenanya, gelatin banyak ditambahkan ke dalam formula produk kecantikan. Produk kecantikan dengan kandungan gelatin banyak ditargetkan untuk pengguna berusia di atas 30 tahun. Hal tersebut karena produksi kolagen dalam tubuh, menurun secara alami dengan bertambahnya usia. Untuk itu, asupan kolagen dalam gelatin ditambahkan dari luar dalam produk kecantikan.

Merk dan Harga Jual Gelatin Sapi Bubuk

Beberapa merek gelatin yang dijual di pasaran adalah:

  1. Knox Gelatine
  2. Jell-O Simply Good Gelatin
  3. Great Lakes Kosher Gelatin
  4. Vital Proteins Beef Gelatin
  5. Gelita Gelatine
  6. Halagel Gelatin
  7. Del’s Gelatine
  8. dan merek lainnya

Harga jual gelatin sapi bubuk juga bervariasi. Di Marketplace Tokopedia, ditemukan bahwa harganya mulai Rp. 14.000,- hingga 1 jutaan. Bergantung kepada merk dan bobot jual per kemasannya. Di potongan gambar berikut ini terlihat harga jual gelatin yang beragam.


Untuk membeli produk gelatin halal, setiap pembeli perlu berhati-hati. Saat ini banyak penjual gelatin mengklaim produk yang dijualnya halal. Untuk mewaspadainya perhatikan:

  1. Bahan pembuatan gelatin
  2. Sertifikat
  3. Label halal pada kemasan
  4. Reputasi perusahaan pembuat gelatin
  5. Negara yang memproduksi gelatin

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai produk gelatin merk dan harga gelatin di pasaran. Semoga bermanfaat guys!

Tambahkan Komentar Sembunyikan