Tentang

Tentang – Slamet Purwanto adalah seorang praktisi jasa SEO yang tinggal di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Secara ringkas, jasa SEO adalah layanan untuk mengoptimasi website sehingga rebih ramah mesin telusur (search engine). Oleh karenanya, jasa SEO sangat penting untuk website bisnis.

Mukadimah

Slamet Purwanto, S.TP, M.Si – seorang pria yang selalu coba memahami makna/hikmah di balik peristiwa. Untuk dapat pemahaman yang benar, maka hidayah Sang Maha Pencipta (baca Allah) mutlak diperlukan. Sebagai seorang Muslim (beragama Islam), Slamet Purwanto senantiasa memohon untuk diberikan hidayah, minimal 17 kali dalam sehari.

tentang slamet purwanto

Slamet Purwanto dilahirkan dari orang tua yang sangat baik. Kedua orang tuanya merupakan petani di desa Tamanan Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan Jawa Timur. Dulu menanam padi, kini menanam tebu karena kesulitan mendapat pasokan air yang kontinyu. Semoga Allah memberikan ampunan dan hidayah buat orang tua Slamet Purwanto. Karir Slamet Purwanto cukup berliku. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang dilalui Slamet Purwanto dan diurutkan berdasar waktu mulai dari yang terbaru.

Tentang Skill dan Keahlian SEO

Sebagai seorang praktisi jasa SEO, Slamet Purwanto mengelola beberapa website punya temannya. Niche websitenya pun beragam seperti kecantikan dan kesehatan, fashion, aqiqah, alat laboratorium, bahan bangunan.

Kursus SEO & Internet Marketing

Slamet mendalami SEO secara otodidak (trial and error), mengikuti kursus online dan kopi darat dengan digital marketer. Beberapa kursus yang pernah diikuti adalah:

  1. Elmail Clinton SEO Course, 2019
  2. Google Analytics Academy, 2018
  3. Google Tag Manager Fundamental, 2018
  4. SEO BOOTCAMP: Learn SEO From Start! by GlitchyBot di Udemy, 2018 – Sertifikat atau Link gambar
  5. Asian Brain, Internet Marketing dan Digital Marketing Indonesia, 2011
  6. dll

Rujukan SEO yang dibaca dan dipelajari

Selain mengikuti kursus dan kelas SEO online, Slamet Purwanto juga membaca buku atau video terkait update SEO dan algoritma mesin pencari Google. Beberapa buku dan resource yang jadi referensi adalah:

  1. Gotch SEO
  2. Buku Penjajah Google by Diar SEO
  3. Isparmo
  4. Google Domination
  5. Google Ads
  6. Backlinko.com
  7. mariehaynes.com
  8. Yoast
  9. dll

Seminar & pelatihan

Beberapa acara seminar dan pelatihan terkait SEO yang diikuti adalah:

  1. Mentoring Pekanan Bogor Berdaya – Crazy Funnel by Dewa Eka Prayoga – sumber
  2. Gathering Yukbisnis Bogor – Defriansyah 2018 – referensi
  3. Genpro Ponorogo – Internet Marketing Kingdom – Iqrok Wahyu Perdana – 2016
  4. dll

Untuk membuat website yang berkualitas, Slamet Purwanto memerlukan penulis konten terbaik. Jika anda memiliki hobi/minat menulis yang kuat, maka silakan gabung menjadi tim penulis konten Slamet Purwanto.

Sertifikat Keahlian

sertifikat Google analytics Beginners Slamet Purwanto
sertifikat Advanced Google analytics Slamet Purwanto
sertifikat analytics gtm Slamet Purwanto
sertifikat udemy profil slametpurwanto

Tentang Karir Sebelum Praktisi SEO

Dosen pengajar

Mengajar itu asyik dan menyenangkan. Slamet Purwanto merasa senang ketika mendapati siswanya mengerti tentang apa yang diajarkan, terlebih lagi bila lebih mahir dari dosennnya. Dia mengajar di Universitas Darussalam Gontor pada program studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Sains dan Teknologi. Lihat data personal Slamet Purwanto di PDPT Ristek Dikti.

Mata kuliah yang diampu

Pada kurun waktu 2014-2017, Slamet Purwanto diberikan amanah sebagai Ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Slamet Purwanto mengampu beberapa mata kuliah dasar dan lanjutan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Pancasila
  3. Pengantar Agroindustri
  4. Penerapan Komputer
  5. Dasar Rekayasa Proses (agroindustri)
  6. Manajemen Lingkungan
  7. Teknologi Pengendalian Pencemaran Industri
  8. Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah
  9. Pendidikan Pancasila
  10. Kimia Dasar (Teori dan Praktikum)

Pelatihan dan seminar

Selain metode pertemuan tatap muka di kelas, Slamet Purwanto menggunakan media pembelajaran online seperti Schoology. Schoology itu gratis lo. Beberapa acara yang diikuti selama mengajar di Universitas Darussalam Gontor adalah:

  1. Ihya ‘Ilmi Al-Mawarits byUst. Mhd. Jabal Alamsyah, Lc., M.A. – instagram
  2. Seminar APTA – peserta- instagram
  3. Pelatihan Cara menggunakan Style MS Word – pemateri – instagram
  4. dll

Karya

PERCEPTION ON HALAL TRACEABILITY ON CHICKEN MEAT SUPPLY CHAIN (Persepsi Ketelusuran Halal pada Rantai Pasok Daging Ayam)  di Agroindustrial Technology Journal 01 (01) 2017 33-41 DOI. http://dx.doi.org/10.21111/atj.v1i1.1838 – link download

Peneliti

Setelah lulus kuliah di IPB tahun 2006, Slamet Purwanto bekerja sebagai peneliti di Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (Surfactant and Bioenergy Research Center, SBRC). Di bawah pengawasan Prof. Dr. Erliza Hambali, Slamet Purwanto bersama temannya (Anas Bunyamin, Ardianto Mey Lesmana, Siti Mujdalipah, dll) bertugas melakukan penelitian tentang cara membuat biodiesel dari minyak jarak dan pengembangan surfaktan berbasis sawit.

Pada tahun 2007-2008, Slamet Purwanto sempat ditugaskan menjadi tenaga peneliti eksternal (process engineer) di perusahaan Malaysia, bernama Biomac, Sdn. Bhd. Perusahaan tersebut berusaha mendirikan pabrik pengolahan biodiesel dari jarak di kawasan Blitar, Jawa Timur yang kemudian memindahkan lokasinya ke Sidoarjo. Tetapi karena krisis moneter 2008, investor menghentikan pendanaan dan pabrik urung didirikan.

Berbekal bekerja di laboratorium inilah Slamet Purwanto cukup faham tentang jenis dan cara kerja beberapa alat laboratorium. Beberapa alat yang pernah dioperasikan adalah tensiometer, mikroskop, uv-vis spektrofotometer, dll. Silakan lihat profil linkedin di sini.

Profesi lainnya

Slamet Purwanto juga pernah mencoba jalanin bisnis jaringan (multi level marketing, MLM). Beberapa MLM yang pernah diikuti adalah Amway dan DBS atau Duta Business School (produk pulsa). Setelah mencoba jalanin beberapa waktu, ternyata bisnis ini gak cocok dan berhenti.

Trading adalah profesi lain yang pernah coba dijalanin. Slamet Purwanto pernah menjadi trader di instaforex dan binary. Karena ambisius alias greedy dan tidak punya money management yang bagus, maka seringkali loss.

Pernah waktu masih jadi peneliti di SBRC, coba jalanin bisnis asuransi. Kala itu yang dijalanin adalah Prudential. Bahkan ikut sertifikasi segala dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia pula. Namun, tetap tidak dijalanin dengan baik tidak sreg.

Tentang Riawayat Pendidikan

Magister dan Sarjana

Slamet Purwanto menyelesaikan pendidikan jenjang S2 (magister) di departemen Teknologi Industri Pertanian, Sekolah Pascasarjana IPB pada tahun 7 Mei 2013. Dia menyusun thesis berjudul Sintesis Flokulan dari Pati Sagu dan Akrilamida Menggunakan Microwave initiated Technique Untuk Aplikasi Penurunan Kadar Padatan Tersuspensi Dalam Air di bawah bimbingan Prof. Suprihatin dan Prof.Dr. Erliza Hambali. Lihat profilnya ketika jadi mahasasiwa pascasarjana di PDPT Ristek Dikti.

Selepas SMA, Slamet Purwanto pernah punya cita-cita untuk ambil kuliah di jurusan kimia atau teknik industri. Untuk itu dia ikut bimbel singkat di Yogyakarta (kawasan Terban) bersama temannya yang kini jadi dokter, Dr. Agus Budi Prasetyo. Karena mendapatkan panggilan berupa USMI (Undangan Seleksi Masuk IPB) melalui jalur raport, maka Slamet Purwanto tidak menyelesaikan bimbel dan mendaftar ke IPB di jurusan Teknologi Industri Pertanian. Akhirnya dia kuliah 2011 hingga 2016 di jurusan tersebut. Profil di PDPT RistekDikti.

Untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Pertanian, Slamet Purwanto menulis skripsi berjudul Peningkatan Nilai Tambah Biodiesel (Metil Ester) Dari Crude Palm Oil Melalui Proses Fraksinasi (Distilasi) Untuk Menghasilkan Single Cut Metil Ester. Penulisan skripsi tersebut dibimbing oleh Prof. E. Gumbira Sa’id, Ma.Dev dan Dr. Erliza Hambali.

Anda dapat melihat profil Slamet Purwanto berupa karya tulis ilmiah di laman Google Scholar.

Sekolah Menengah

Slamet Purwanto menjalani pendidikan sekolah menengah di SMA Negeri 1 Magetan dan SMP Negeri 1 Magetan. Prestasinya cukup biasa-biasa saja. Palingan hanya mandapat ranking 1-3 di kelas. Sekolah tersebut adalah sekolah terfavorit di Magetan, Jawa Timur.

Sekolah Dasar

SDN Tamanan 1 adalah sekolah dasar dimana Slamet Purwanto menuntut ilmu. Prestasinya cukup biasa, paling sering mendapat rangking 1. Bahkan sempat mendapat predikat sebagai Siswa Teladan se-kecamatan Sukomoro kala itu.

Ketika lulus SD, Slamet Purwanto berhasil mendapat nilai sempurna (10,00) pada mata pelajaran Matematika pada saat EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional). Karena prestasinya itu, dia mendapat penghargaan dari Bupati Magetan saat itu. Untuk menghubungi Slamet Purwanto, maka kunjungi laman kontak.

5/5 - (1 vote)