Studi Kasus SEO web Bicara HR

Latar Belakang

Website bicarahr24.com adalah proyek pengembangan website dengan kondisi domain yang masih baru (fresh domain).

Proyek ini diselenggarakan oleh Search Agency dalam tajuk SEO Competition. Seluruh peserta diberikan domain dan hosting dengan spesifikasi yang sama, dan bekerjasama dengan Dewaweb.

Dimulai pada 10 November 2022, tujuan utama proyek ini adalah untuk membangun dan mengoptimalkan situs web yang berfokus pada user (audience).

Tim kami menggunakan CMS WordPress.

Strategi Pengembangan Website

  1. Menetapkan goal, KPI, user indicator dan target audience. Kami menggunakan triangle goals.
  2. Melakukan topic clustering dengan pendekatan taxonomy research ala Search Agency.
  3. Pembuatan content brief. Merujuk pada template content brief dari Search Agency.
  4. Produksi konten. Tim mulai membuat konten awal yang relevan dengan topik cluster, artikel dan gambar. Sementara itu, konten video melakukan embed dari Youtube
  5. Instalasi dan setting WordPress: Dengan memilih WordPress sebagai platform, kami menginstal CMS ini di domain bicarahr24.com dan memilih tema yang responsif dan sesuai dengan tema situs.
  6. Penggunaan plugin SEO: Plugin SEO dipasang dan dikonfigurasi untuk membantu mengoptimalkan konten dan mengatur penampilan situs dalam hasil pencarian.
  7. Melakukan publikasi konten. Lengkap dengan internal link. Struktur tautan internal dibangun untuk meningkatkan navigasi dan membantu mesin pencari memahami struktur konten situs.
  8. Audit content: Setiap halaman yang telah terbit, kemudian dianalisis untuk optimisasi on-page, termasuk penentuan kata kunci yang relevan dan pengoptimalan meta deskripsi dan judul. Hasil audit, kemudian diimplemntasikan.
  9. Optimisasi kecepatan halaman: Gambar dan media lainnya dioptimalkan untuk memastikan situs memuat dengan cepat.
  10. Monitoring, Evaluating, Reporting. Menggunakan Looker Studio dan mengambil data dari Google Search Console, Google Analytics, Google Sheet

Hasil dan Pencapaian

  • Waktu Peluncuran: Proyek dimulai pada 10 November 2022 dan selesai pada 28 Februari 2023.
  • Click: Jumlah klik yang tercatat mencapai 37,569 klik, menunjukkan bahwa situs berhasil menarik perhatian pengguna.
  • Impresi: Situs menerima 914,200 impresi, menunjukkan seberapa sering situs muncul dalam hasil pencarian.
  • CTR (Click-Through Rate): Tingkat CTR mencapai 6.04%, menggambarkan seberapa baik tautan situs ini menghasilkan klik relatif terhadap jumlah impresi.
  • Posisi Rata-rata: Posisi rata-rata situs dalam hasil pencarian adalah 8.2, menunjukkan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian.

Lihat grafik performa website berikut (agak sabar ya, perlu waktu untuk loading script).

Kesimpulan

Dengan pendekatan yang terfokus pada optimisasi SEO, pengembangan website Bicarahr24.com berhasil mencapai hasil yang mengesankan dalam waktu yang relatif singkat.

Melalui penggunaan strategi SEO yang tepat, pembuatan konten yang relevan, dan optimisasi teknis, situs ini berhasil membangun kehadiran online yang kuat dan meraih peringkat yang baik di halaman hasil pencarian.

Hasil positif ini menunjukkan pentingnya pengembangan situs dengan pendekatan SEO yang baik untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja situs di dunia digital.

5/5 - (1 vote)

Satu pemikiran pada “Studi Kasus SEO web Bicara HR”

Tinggalkan komentar